display litra

Faktor Penyebab Kemajuan dan Kemunduran Dinasti Abbasiyah

Pada tulisan ini akan dibahas mengenai sejarah Islam, yaitu faktor-faktor penyebab kemajuan dan kemunduran umat islam pada masa Dinasti Abbasiyah.  

1. Faktor-faktor Penyebab Kemajuan 

Dinasti Abbasiyah merupakan dinasti dengan usia terpanjang dalam perjalanan sejarah peradaban Islam.
Faktor Penyebab Kemajuan dan Kemunduran Dinasti Abbasiyah
Sumber Gambar:  www.islami.com
Setelah berhasil didirikan dan Baghdad dijadikan sebagai ibu kota. Dinasti ini tidak lama kemudian berhasil mencapai puncak kejayaan, baik masa kejayaan politik, intelektual, dan yang lainnya. Masa kejayaan ini diraih pada masa periode awal kekhalifahan dinasti, khususnya pada masa pemerintahan Khalifah Harun ar-Rasyid dan putranya. Khalifah al-Makmun, Karena kehebatan dua khalifah ini. Dinasti Abbasiyah memiliki kesan yang baik dalam ingatan umat Islam, bahkan menjadi yang paling terkenal dalam sejarah peradaban Islam.
Baca juga: Sejarah singkat berdirinya Dinasti Abbasiyah

Di antara faktor-faktor penyebab kemajuan dinasti ini adalah; 

a. Keberhasilan dua khalifah awal, Abu Abbas dan al-Mansur dalam meletakan fondasi kepemimpinan yang kuat dan berwibawa. Keberhasilan keduanya telah mendorong pemerintahan pada masanya dan masa-masa pemerintahan selanjutnya di periode awal mencapai stabilitas politik dan kehidupan masyarakat. 
b. Dinasti ini berhasil mengambil pelajaran dari kehancuran Dinasti Umayyah, sehingga mampu menerapkan kembali prinsip-prinsip kesetaraan, keadilan, dan persaudaraan (musawah, 'adalah, dan ukhuwwah). 
c. Terbentuknya Persatuan (ittihad) yang kuat antara para khalifah dan ilmuwan (Umara dan Ulama) dan kecintaan mereka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, termasuk ilmu agama.
d. Terjadinya asimilasi yang mendorong gerakan hebat dalam kemajuan ilmu pengetahuan. 
e. Pada periode awal kekhalifahan sudah terbentuk tentara yang profesional, yaitu 
satuan militer yang diorganisasikan dengan baik, sehingga hanya loyal pada kerajaan (dinasti), bukan pada suku atau golongan. 

2. Faktor-faktor Penyebab Kemunduran 

Faktor internal
a. Hubbud Dunya (Kecintaan yang berlebihan terhadap kemewahan dunia) dari para penguasa 
Kemajuan besar yang diraih Dinasti Abbasiyah pada periode awal mendorong terwujudnya kemakmuran dan hidup mewah kalangan penguasa. Sehingga mendorong setiap khalifah untuk lebih mewah dari khalifah sebelumnya. Selain menyebabkan pemborosan, juga mendorong pihak luar seperti bangsa Turki untuk mengambil alih kekuasaan. 

b. Perebutan kekuasaan antara keluarga Bani Abbasiyah

Perebutan kekuasaan sebenarnya telah dimulai sejak masa khalifah Al-makmun dan Al-amin. perebutan kekuasaan sangat nampak jelas pada periode ini, hanya empat khalifah yang meninggal secara wajar.  selebihnya para khalifah ada yang meninggal karena racun, dibunuh, atau diturunkan dengan paksa.

c.  Meningkatnya konflik keagamaan

Maksudnya konflik antara kelompok Sunni-Syi’ah. Sejak masa khalifah ‘Ali bin Abi Thalib dan Mu’awiyah bin Abi Sufyan, konflik keduanya tidak pernah selesai, begitu pun di masa kekhalifahan Dinasti Abbasiyah. 

d. Meningkatnya ketergantungan kepada  tentara bayaran dan merosotnya jiwa patriotisme 

Pada pertengahan masa periode pertama kekhalifahan, dinasti ini memperoleh banyak kemakmuran, sehingga mampu membayar tentara asing dari Turki untuk menjaga keamanan dan pertahanan. Hal ini memicu merosotnya jiwa patriotisme rakyat Dinasti Abbasiyah sendiri. 

Faktor eksternal

a. Banyaknya pemberontakan 

Setelah periode dua kekhalifahan, para penguasa Dinasti Abbasiyah tidak sekuat para pendahulunya, ditambah dengan kebijakan yang lebih mementingkan pembinaan kebudayaan dan peradaban, mengakibatkan banyak provinsi-provinsi tidak mendapat perhatian. Akhimya para gubernur tidak sedikit yang memberontak dan memisahkan diri. 

b. Dominasi bangsa Turki 

Kekuatan militer Dinasti Abbasiyah sejak abad ke-9 H yang mengalami kemunduran,  membuat para khalifah menggunakan jasa        tentara-tentara Turki untuk menjaga        keamanan dan pertahanan, Bahkan banyak di antara tentara-tentara Turki yang diangkat menjadi panglima. Pada gilirannya mereka mampu merebut dominasi kekuasaan Dinasti Abbasiyah. Walaupun khalifah-khalifah yang ada masih dari keturunan Abbasiyah, namun kedudukan mereka hanya sebatas                pemerintahan boneka saja. 

c. Dominasi bangsa persia

Mereka adalah bani Buwaihi. para penganut aliran Syi‘ah yang berhasil mendirikan Dinasti disebelah barat laut irabn. Setelah memperoleh tempat di dalam Dinasti Abbasiyah mereka benar-benar mampu menguasai  pemerintah. Kedudukan khalifah benar-benar hanya sebagi boneka Yang di kendalikan oleh bani buwaihi. Oleh karna itu selama satu abad periode ini berlangsung, para khalifah tidaklah mampu berbuat banyak untuk mempertahankan kedaulatan negara.

Daftar Pustaka




0 Response to "Faktor Penyebab Kemajuan dan Kemunduran Dinasti Abbasiyah"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel