display litra

Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Lengkap

Perumusan Teks Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia, proklamasi kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan tekat dan keyakinan yang bulat berdasarkan cita-cita yang luhur dan mulia dari segenap bangsa Indonesia. Oleh karna itu, proklamasi kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa penting yang memiliki makna yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia. 
Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
monumen Proklamasi
  • Siapa perumus proklamasi kemerdekaan Indonesia?
  • Kapan pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia.
  • Apa makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia? 

Penjelasan lengkap:

Perumusan Teks Proklamasi

Teks proklamasi disusun oleh tiga pemimpin Indonesia, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebardjo. Teks proklamasi disusun pada malam hari tanggal 16 Agustus 1945 di kediaman perwira Angkatan Laut Jepang, Laksamana Muda Maeda, yang terletak di Myakodori Nomor 1 (sekarang Jalan Imam Bonjol). Perumusan teks proklamasi disaksikan oleh tiga tokoh pemuda, yaitu Sukarni, Sayuti Melik, dan B.M. Diah. Ir. Soekarno menulis sendiri naskah atau teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di atas sehelai kertas. Drs. Moh. Hatta dan Mr. Ahmad Soebardjo merumuskan secara lisan. 

Selesai merumuskan teks proklamasi, Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebardjo menuju serambi depan yang telah dihadiri banyak tokoh di antaranya dr. Radjiman Wediodiningrat, M. Sutarjo Kartohadikusumo, Iwa Koesoemasoemantri, Abikusno Tjokrosoejoso, dan Ki Hajar Dewantara. Pada pukul 04.00, Ir. Soekarno secara lisan membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Semua tokoh yang hadir di kediaman Laksamana Muda Maeda menyetujui teks proklamasi yang dibacakan Ir. Soekarno. Akhirnya, teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. 

Pembacaan Teks Proklamasi 

Pembacaan teks proklamasi dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56. Pengibaran bendera Sang Merah Putih dilaksanakan oleh Latief Hendraningrat dan Suhud. Bendera Sang Merah Putih merupakan hasil jahitan Ibu Fatmawati Soekarno. 

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 

Dengan pernyataan kemerdekaan melalui proklamasi 17 Agustus 1945, secara objektif berdirilah negara Republik Indonesia. Bersama dengan itu, lenyaplah ikatan penjajahan dalam segala rupa bentuknya. Secara hukum berarti bahwa proklamasi merupakan pernyataan berisi keputusan bangsa Indonesia untuk menetapkan tatanan hukum nasional (Indonesia) dan menghapuskan tatanan hukum kolonial. Itulah salah satu makna proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

Masih banyak makna lain Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Berikut beberapa makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 
  1. Dilihat dari sudut politik ideologis, proklamasi merupakan pernyataan bangsa Indonesia lepas dari penjajahan dan membentuk negara Republik Indonesia yang bebas, merdeka, dan berdaulat penuh.
  2. Proklamasi merupakan puncak perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. 
  3. Proklamasi menjadi alat hukum internasional untuk menyatakan kepada rakyat dan seluruh dunia, bahwa bangsa Indonesia mengambil nasib ke dalam tangannya sendiri untuk menggenggam seluruh hak kemerdekaan. 
  4. Apabila dilihat dari sudut pandang sejarah, proklamasi merupakan mercusuar yang menunjukkan jalan sejarah, pemberi inspirasi, dan motivasi dalam perjalanan bangsa Indonesia di semua lapangan pada setiap keadaan.
  5. Dengan proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia telah lahir sebagai bangsa dan negara yang merdeka, baik secara de acto maupun de jure. 

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan pembaca dalam bidang ilmu pendidikan kewarganegaraan. 

0 Response to "Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Lengkap "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel