display litra

Kode Kehormatan Pramuka Siaga Lengkap

Pada tulisan ini, akan dibahas mengenai kode kehormatan Pramuka Siaga, Apa itu Kode Kehormatan Pramuka? Kode Kehormatan Pramuka merupakan serangkaian ketentuan dasar (janji, nilai, dan norma) yang harus dilaksanakan oleh seorang pramuka dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi ukuran atau standar tingkah laku pramuka. Sehingga bisa dikatakan bahwa kode kehormatan merupakan kode etik anggota Gerakan Pramuka, baik dalam kehidupan pribadi maupun di dalam masyarakat.
Kode Kehormatan Pramuka Siaga Lengkap
Kode Kehormatan Pramuka Siaga Lengkap

Kode Kehormatan pramuka Siaga

Undang-undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka pasal 6 telah mengatur Kode kehormatan pramuka Siaga dan juga telah tercantum dalam Anggaran Dasar (AD) Gerakan Pramuka pasal 12 dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka pasal 14.

Kode kehormatan pramuka Siaga terdiri atas “Satya Pramuka" Atau janji dan “Darma Pramuka” atau ketentuan moral .

Dalam ART Gerakan Pramuka, Satya Pramuka dinyatakan sebagai:

  • Diucapkan/ diungkapkan secara sukarela oleh seorang calon anggota atau calon pengurus dari Gerakan Pramuka pada waktu pelantikan menjadi anggota atau pengurus;
  • Dipergunakan sebagai pengikat diri pribadi demi kehormatannya untuk diamalkan; dan
  • Dipakai sebagai dasar pengembangan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Makna dalam Darma Pramuka, sebagaimana tercantum dalam ART Gerakan Pramuka merupakan nilai dasar untuk mengembangkan dan membina akhlak mulia anggota pramuka; sistem nilai inilah yang harus dihayati, dimiliki, dan diamalkan di kehidupan sehari-hari oleh semua anggota Gerakan Pramuka di masyarakat; landasan gerak bagi Gerakan Pramuka untuk mencapai tujuan pendidikan kepramukaan yang diwujudkan dalam kegiatan untuk mendorong peserta didik manunggal dengan masyarakat, demokratis dalam bersikap, membiasakan saling menghormati, serta mempunyai/memiliki rasa kebersamaan dan gotong royong; dan kode etik bagi organisasi dan anggota Gerakan Pramuka.

Artikel Terkait

Dwi Satya dan Dwi Darma

Dalam Gerakan Pramuka, kode kehormatan ditetapkan dan diterapkan sesuai dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmani anggota Gerakan Pramuka. Kode kehormatan bagi pramuka siaga yang meliputi Dwisatya (janji dan komitmen diri) dan Dwi darma (ketentuan moral).

Kode kehormatan tersebut bukan sebuah hafalan yang cukup dihafalkan saja namun sebagaimana disebutkan di atas, seorang pramuka sudah seharusnya menepati Satya Pramuka dan mengamalkan Darma Pramuka dalam kehidupan sehari hari.

Kode kehormatan Pramuka merupakan norma bagi kehidupan Pramuka sehingga memancarkan kesadaran pembangunan watak positif yang didapatkan peserta didik dari kegiatan kepramukaan yang telah di jalani.

Kode kehormatan Pramuka harus diterapkan terlebih dahulu pada diri anggota pramuka, dan selanjutnya disusun dalam acara kegiatan kepramukaan yang menarik, menyenangkan dan menantang dalam rangka penanaman kode kehormatan pada seluruh anggota pramuka.

Kode Kehormatan identik dengan harga diri, kehormatan diri. Pelanggaran Kode Kehormatan tidak boleh di langgar, jika ada pelanggaran sama dengan jatuhnya harga/ kehormatan diri seorang anggota Pramuka, Pelanggaran Kode Kehormatan Pramuka yang dilakukan oleh Pramuka hendaknya dijadikan bahan rapat Dewan Kehormatan agar memperbaiki atau merubah diri agar dapat berkegiatan bersama rekan rekannya dalam satuannya lagi.

Dwi Satya Pramuka Siaga

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengikuti tatakrama keluarga.

Setiap hari berbuat kebajikan.

Dwidarma

Siaga berbakti kepada ayah bundanya.
Siaga berani dan tidak putus asa

Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka Siaga

Bagaimana sih pengamalan kode kehormatan pramuka siaga?
Anggota pramuka Siaga yang sudah mengucapkan Dwisatya, wajib mematuhi dan melaksanakan kode kehormatan yang sudah diucapkannya.
Bentuk pengamalan:

  • Siaga juga berkewajiban terhadap tanah air,
  • Menuruti aturan keluarga serta aturan ayah dan bunda di rumah dan di perindukannya.


Satya pertama dalam Dwisatya seorang anggota pramuka siaga, antara lain sebagai berikut:

  • Patuh menjalankan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama yang dipeluknya,
  • Saling menghargai teman yang menjalankan ibadah,
  • Tidak memilih teman karena perbedaan agama, suku atau materi yang dimiliki,

Sedangkan untuk pengamalan satya yang kedua, setiap hari seorang siaga harus berusaha untuk berbuat kebaikan.
Contohnya sebagai berikut:

  • Membantu pekerjaan ibu dan ayah di rumah dengan ikhlas seperti membersihkan kamar tidurnya, menyapu, dan mencuci piring;
  • Memberikan kesempatan pertama kepada orang tua untuk duduk di kursi bus jika keadaan bus sedang penuh;
  • Memberikan pertolongan kepada teman yang membutuhkan pertolongan.


Selain melaksanakan satyanya, siaga juga harus berpikir, berucap, dan bertindak sesuai dengan darmanya. Contoh pengamalan anggota pramuka siaga terhadap Dwidarma, yaitu :

  • Membiasakan diri untuk patuh kepada ayah dan bundanya, baik di rumah maupun di Perindukan. Selalu berani karena benar serta tidak boleh takut menyampaikan pendapat untuk kebenaran.
  • Tidak boleh putus asa, selalu berusaha dengan sungguh disertai dengan doa dan niat baik agar usahanya dapat berhasil.


Itulah penjelasan mengenai Kode Kehormatan dan khususnya kode Kehormatan pramuka siaga serta bentuk-bentuk pengamalannya. Terima kasih

0 Response to "Kode Kehormatan Pramuka Siaga Lengkap"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel