Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Ciri ciri, Struktur, Cara Menyusun dan Contohnya

A. Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur adalah jenis teks yang menunjukkan dan menjelaskan sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu. Proses membuat atau mengoperasikan sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah sistematis atau teratur. Langkah-langkah dalam teks prosedur harus dilakukan agar suatu tindakan dapat terlaksana dengan baik. Pada teks prosedur, langkah-langkah itu merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah-langkah berikutnya.
Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Ciri ciri, Struktur, Cara Menyusun dan Contohnya
Sumber gambar
Pixabay

Penyebutan teks prosedur kompleks didasarkan keterangan yang terdapat pada setiap langkah. Keterangan itulah yang menjadikan teks prosedur tersebut kompleks. Sebuah prosedur sering terdiri atas banyak langkah. Langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sub langkah pada setiap langkah. Jika demikian, prosedur itu disebut prosedur kompleks. Jadi, teks prosedur kompleks adalah jenis teks yang menunjukkan dan menjelaskan sebuah proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu yang dikerjakan melalui langkah-langkah dan terdapat keterangan pada setiap langkah. Pada sub langkah prosedur kompleks sering dijumpai syarat-syarat atau pilihan-pilihan. Jika syarat-syarat tersebut tidak dipenuhi, langkah-langkah berikutnya tidak dapat dilaksanakan.

B. Ciri Kalimat dalam Teks Prosedur Kompleks

Kalimat dalam teks prosedur berbeda dengan kalimat dalam bentuk deskriptif. Kalimat dalam teks prosedur memiliki ciri-ciri berikut.

1. Menggunakan pola kalimat perintah yang berupa:
a. kata kerja tanpa imbuhan me-,
b. partikel lah, dan
c. kata larangan yaitu jangan.

2. Teks prosedur kadang-kadang menggunakan bentuk saran, seperti sebaiknya dan hendaknya.

3. Kalimat yang digunakan harus jelas, logis, dan singkat.

a. Jelas

Kalimat jelas berarti tidak membingungkan dan mudah diikuti. Kejelasan ini menyangkut masalah pilihan kata atau kalimat yang digunakan dan keruntutan uraiannya Penggunaan nomor untuk membedakan langkah satu dengan langkah berikutnya juga lebih memperjelas prosedur. Selain itu, kejelasan ditunjukkan dengan menggunakan istilah-istilah lazim.

b. Logis
Syarat logis ini terutama berkaitan dengan urutan penjelasan. Urutan sistematis dapat menghindarkan kesalahan atau tumpang tindihan dalam melakukan sesuatu.
c. Singkat
Singkat berarti hanya mencantumkan aspek-aspek penting, tidak ada yang berulang, dan sudah mencukupi keseluruhan proses yang dibutuhkan.
Baca juga artikel terkait:

C. Struktur Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks ditata dengan struktur teks tujuan dan langkah-langkah. Tujuan dalam teks prosedur kompleks adalah hasil akhir yang akan dicapai. Sementara itu, langkah-langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan tercapai. Pada teks prosedur kompleks, langkah-langkah tersebut merupakan urutan yang biasanya tidak dapat diubah urutannya. Langkah awal menjadi penentu langkah-langkah berikutnya.

Teks prosedur pada dasarnya terdiri atas dua jenis. Kedua jenis yang dimaksud teks prosedur menggunakan materi/alat/bahan dan teks prosedur yang tidak menggunakan alat/bahan.

1. Teks Prosedur Menggunakan Materi Berupa Alat/Bahan

Materi terdiri atas bahan-bahan yang digunakan dalam membuat sesuatu. Contoh prosedur menggunakan alat/bahan yaitu cara membuat puding karamel, cara membuat telur mata sapi, cara membuat jus avokad, dan cara membuat pisang goreng.

Contoh: Cara Membuat Puding Karamel

Bahan Puding Karamel

  • 1 bungkus agar-agar
  • 5 sendok makan susu kental manis
  • 100 gram gula pasir
  • 200 ml air
Bahan untuk Karamel
5 sendok makan gula pasir untuk karamel Cara Membuat Karamel

1. Didihkan sedikit air.
2. Masukkan gula pasir.
3. Tunggu sampai gula pasir meleleh dan kental.

Cara Membuat Puding Karamel

1. Didihkan air.
2. Masukkan agar-agar dan susu kental manis.
3. Aduk sampai mendidih.
4. Siapkan loyang.
5. Tuang karamel ke dalam loyang.
6. Setelah itu, tuang agar-agar di atas karamel.

2. Teks Prosedur Tidak Menggunakan Materi Berupa Alat/Bahan

Ada tiga jenis teks prosedur tidak menggunakan bagian materi sebagai berikut.

a. Teks prosedur menjelaskan cara sesuatu bekerja atau cara melakukan instruksi secara manual, contohnya cara memainkan video game, cara mengoperasikan komputer, cara menyambungkan komputer dengan internet, cara menghidupkan tape recorder, atau menggunakan mesin cuci.

Contoh:

Cara Menyambungkan Komputer dengan Internet Menggunakan Modem Eksternal

  1. Siapkan satu unit komputer dan modern eksternal. Usahakan modem dalam keadaan baik dan sudah diisi pulsa. Pastikan terdapat port yang bisa digunakan untuk menyambungkan modem dan pastikan pula komputer dalam keadaan menyala.
  2. Jika modern dan komputer siap, colokkan modern pada port. Komputer secara otomatis mendeteksi keberadaan modem. 
  3. Selanjutnya, apabila modem sudah terdeteksi, program modem akan muncul dan kita bisa langsung menyambungkan komputer ke internet. Namun, apabila program modem belum terinstal, kita harus menginstannya terlebih dahulu. Bukalah modem, lalu klik setup installer modem (program untuk mengistal modem). Selanjutnya, tunggu sampai proses pemasangan selesai dan program modem siap digunakan.
  4. Kemudian, bukalah program modern dan klik connect untuk memulai proses penyambungan. Setelah proses penyambungan berhasil, internet siap digunakan.
b. Teks prosedur yang menginstruksikan cara melakukan aktivitas-aktivitas tertentu sesuai dengan peraturan, contohnya aturan keamanan dan keselamatan berkendara, aturan menyeberang jalan bagi pejalan kaki, dan aturan membaca puisi di atas pentas.

Contoh: Teknik Membaca Puisi di Atas Pentas

  1. Berdirilah dengan tegak dan tenang di atas pentas sebelum Anda mulai membaca.
  2. Kuasailah pentas dan penonton dengan mengarahkan pandangan ke segala penjuru sambil memberikan penghormatan kepada mereka dengan cara menganggukkan kepala.
  3. Hayatilah puisi yang Anda baca dengan memahami isi dan pesan puisi.
  4. Bacalah puisi tersebut dengan artikulasi suara jelas, volume suara yang dapat menjangkau semua penonton, dan intonasi bagus.
  5. Aturlah napas dengan menyesuaikan penggalan-penggalan kata, baris, dan bait puisi tersebut.
  6. Pusatkan perhatian pada puisi yang dibaca dengan mengendalikan diri tanpa terpengaruh oleh penonton.
c. Teks prosedur yang berhubungan dengan sifat atau kebiasaan manusia, contohnya cara hidup bahagia atau cara seseorang menjadi sukses.

Contoh: Sembilan Tips agar Hidup Bahagia

1. Jangan takut dan khawatir

Perasaan takut dan khawatir merupakan pikiran kita paling tidak produktif. Sebagian besar peristiwa yang kita khawatirkan atau takutkan tidak pernah terjadi. Jadi, tidak ada manfaatnya kita khawatir dan takut.

2. Jangan pernah menyimpan dendam

Dendam adalah aspek terbesar dan akan menjadi beban terberat jika kita menyimpannya dalam hati. Jangan sia siakan energi kita untuk menyimpan dendam. Gunakanlah energi kita untuk kegiatan positif.

3. Fokus pada satu masalah

Jika kita memiliki beberapa masalah, selesaikanlah masalah itu satu per satu. Jangan menyelesaikan masalah secara bersamaan. Menyelesaikan semua masalah secara bersamaan akan membuat kita semakin stres.

4. Jangan membawa tidur masalah

Masalah adalah aspek yang sangat buruk untuk kesehatan. Pikiran bawah sadar kita dapat membuat gelisah. Masalah menyebabkan tidur kita menjadi tidak nyenyak.

5. Jangan mengambil masalah orang lain untuk diselesaikan

Membantu orang lain yang sedang dalam masalah adalah perbuatan mulia. Akan tetapi, jika kita mengambil porsi terbesar untuk menyelesaikan masalah orang lain, justru itulah kesalahan terbesar yang pernah kita lakukan. Biarkanlah orang tersebut menyelesaikan masalahnya sendiri dengan porsi terbesar.

6. Jangan hidup pada masa lalu

Mungkin terasa nyaman bagi kita mengingat peristiwa menyenangkan pada masa lalu. Akan tetapi, kita jangan terlena dalam peristiwa masa lalu tersebut. Konsentrasilah dengan peristiwa yang terjadi saat ini. Dengan berkonsentrasi terhadap kehidupan kita akan bisa merasakan banyak kebahagiaan. Kita akan mempunyai perasaan jauh lebih berbahagia jika kita merayakan semua peristiwa yang terjadi saat ini dibanding dengan mengingat ingat kebahagiaan masa lalu.

7. Jadilah pendengar yang baik

Mungkin sebagian besar orang susah untuk menjadi pendengar yang baik. Justru sebaliknya, kita mengharapkan orang lain yang mendengarkan omongan kita. Akan tetapi, sebetulnya dengan belajar mendengarkan orang lain, kita akan mendapatkan banyak informasi baru yang dapat sangat berguna bagi kebahagiaan hidup kita.

8. Jangan biarkan frustrasi mengatur dan mengacaukan hidup

Kasihanilah diri kita lebih dari apa pun. Janganlah kita menyerah pada frustrasi. Maju terus menghadapi masalah yang ada. Ambillah tindakan-tindakan positif dan lakukanlah dengan konsisten.

9. Selalu bersyukur

Bersyukur dan berterima kasihlah atas semua yang kita dapatkan. Kita wajib mensyukuri semua peristiwa positif dan negatif yang menimpa kita. Dibalik setiap peristiwa negatif tersebut, ada hikmah yang bisa kita pelajari.

D. Menulis Teks Prosedur Kompleks

Dalam menyusun teks prosedur harus dituliskan berdasar urutan yang sesuai. Sebuah prosedur dapat disusun berdasarkan urutan berikut.

1. Dari penting menuju tidak penting, misalnya prosedur nyaman melakukan perjalanan jauh. Dalam menuliskan prosedur nyaman melakukan perjalanan jauh, Anda harus menuliskan tindakan-tindakan penting terlebih dahulu, misalnya tujuan perjalanan. Kemudian, Anda baru menuliskan tindakan-tindakan kurang penting, misalnya beramah tamah dengan penduduk sekitar yang dituju.

Contoh: Petunjuk Nyaman Melakukan Perjalanan Jauh

1. Menentukan lokasi tujuan perjalanan

Tujuan perjalanan harus ditentukan paling awal. Tujuan jelas akan menciptakan kenyamanan selama perjalanan. Selain itu, tujuan jelas perjalanan dapat menghemat biaya, waktu, dan tenaga.

2. Memilih rute yang akan dipakai untuk mencapai lokasi tujuan

Kita harus menentukan rute rute terdekat dengan tujuan sesungguhnya. Misalnya kita menentukan tujuan ke Gunung Semeru dan berangkat dari Jakarta. Rute perjalanan yang akan dituju adalah Malang. Untuk mencapai Malang, kita dapat melewati Surabaya atau langsung menuju Malang.

3. Memilih sarana transportasi yang sesuai

Transportasi menentukan kenyamanan perjalanan. Kita harus memilih alat transportasi sesuai dengan tempat yang dituju. Tidak semua alat transportasi tersedia di semua rute tertentu. Jika tadi telah menentukan tujuan ke Malang, kita dapat naik pesawat terbang karena ada jalur penerbangan Jakarta-Malang. Kita dapat memilih sarana transportasi, antara lain kereta api, bus, atau mobil pribadi. Sekali lagi, transportasi menyesuaikan dengan rute yang dipilih.

4. Mempersiapkan cukup dana

Persiapan dana berkaitan dengan transportasi, konsumsi, akomodasi, dan buah tangan. Carilah informasi biaya untuk transportasi yang dipilih. Jika menggunakan mobil sendiri, hitunglah bahan bakar yang harus dibeli, Konsumsi berkaitan dengan makanan selama perjalanan. Ingat! Di daerah tertentu, harga makanan bisa sangat mahal. Carilah informasi kepada teman yang pernah ke tempat tersebut. Jika tidak ada teman yang pernah ke tempat tersebut, carilah informasi melalui internet. Sebaiknya, perhitungan dilebihkan agar dana mencukupi.

Akomodasi berkaitan dengan tempat penginapan. Jika tinggal di tempat saudara atau kawan, mungkin tidak perlu biaya. Jika menginap di hotel, hitunglah dana selama menginap.

Persiapkan dana untuk membeli oleh-oleh untuk sahabat dan saudara. Jika tidak direncanakan, uang kita habis. Kita juga harus membeli oleh-oleh untuk orang yang dikunjungi. Kita juga menyediakan dana cadangan. Dana cadangan ini untuk persiapan jika terjadi sesuatu di luar perhitungan.

5. Mempersiapkan perlengkapan

Kita harus menyiapkan perlengkapan perjalanan Perlengkapan tersebut menyangkut pakaian, tas, dan obat-obatan. Jangan lupa kaus kaki, sepatu, dan sandal. Pakailah tas yang cukup untuk membawa semua perlengkapan dan perbekalan.

6. Mempersiapkan untuk kejadian darurat

Dalam perjalanan sering terjadi peristiwa atau kejadian tidak terduga, misalnya peristiwa banjir, kecelakaan, tanah longsor, atau keadaan gawat lain. Catatlah alamat dan nomor telepon orang yang dekat dengan tempat tujuan. Catat juga alamat instansi untuk peristiwa darurat seperti rumah sakit dan kantor polisi.

7. Mempersiapkan fisik dengan baik

Persiapkan kebugaran fisik sebelum melakukan perjalanan jauh. Fisik yang bugar membuat perjalanan menyenangkan. Perjalanan dapat terganggu karena kita sakit selama perjalanan.

8. Mempersiapkan untuk segala sesuatu yang ditinggalkan selama pergi

Titipkan rumah kepada saudara atau tetangga dekat. Kita bisa memberikan informasi kepada RT/RW. Pelaporan kepada RT/RW penting agar keamanan rumah terjaga.

2. Dari umum menuju khusus, misalnya prosedur memesan penginapan. Prosedur ini dapat diperinci kembali, yakni prosedur pemesanan hotel melati, hotel berbintang, dan vila.

Contoh: Prosedur Memesan Penginapan

1. Prosedur Pemesanan Hotel Melati

a. Siapkan biaya akomodasi untuk membayar biaya menginap.

b. Siapkan identitas lengkap dan asli seperti KTP dan SIM.

c. Lakukan langkah-langkah pemesanan kamar berikut.

1) Carilah tempat penerimaan tamu.
2) Tanyakan biaya menginap per malam.
3) Tanyakan fasilitas yang disediakan di hotel tersebut.
4) Jika cocok, kita bisa langsung membayar biaya sewa kamar.
d. Setelah selesai pembayaran, pihak penerima tamu akan memberikan kunci kamar yang telah kita pesan.
e. Perhatikan waktu saat kita harus meninggalkan kamar hotel.

2. Prosedur Pemesanan Hotel Berbintang
a. Lakukan pemesanan (reservation) terlebih dahulu.
b. Pemesanan dapat dilakukan secara online atau melalui telepon. Pemesanan dapat pula dilakukan melalui biro perjalanan wisata. Pemesanan melalui biro perjalanan wisata lebih murah karena mereka akan memberikan diskon.

c. Tanyakan fasilitas yang tersedia di hotel tersebut.

d. Berilah identitas lengkap serta nomor telepon yang bisa dihubungi kepada pihak hotel.

e. Untuk pemesanan hotel secara online, pihak hotel akan meminta pembayaran dimuka (down payment) melalui kartu kredit.

f. Jika pemesanan kamar sudah dilakukan jauh-jauh hari tanpa pembayaran dimuka, jangan lupa untuk konfirmasi kembali kepada pihak hotel sebelum kita datang. Jadi, pihak hotel sudah menyiapkan kamar untuk kita.

g. Saat check in, kita akan diminta untuk memberikan sejumlah uang untuk deposit. Uang deposit tersebut akan dikembalikan jika kita tidak melakukan pembelian selain tarif menginap kamar.

h. Perhatikan waktu check out. Umumnya hotel memilih pukul 12.00 sebagai batas akhir waktu menginap. Apabila lebih dari waktu yang telah ditentukan, biasanya akan dikenai biaya 50 persen dari harga kamar per hari.

3. Prosedur Pemesanan Vila
a. Pilih vila yang kita inginkan sesuai dengan selera.

b. Setelah memilih vila yang diinginkan, segera hubungi nomor telepon yang sudah disediakan pengelola vila untuk penyesuaian jadwal check in dan check out.

c. Tanyakan fasilitas yang disediakan pengelola vila.

d. Ketentuan untuk check in pukul 14.00 siang dan ketentuan check out pukul 12.00 siang.

e. Lakukan pembayaran di muka (down payment). Pemesanan vila yang tidak disertai pembayaran di muka dianggap tidak sah/batal oleh pengelola vila.

f. Pengelola vila akan meminta DP sebesar 30% di low season dari harga vila yang sudah disepakati. Sementara itu, pengelola vila akan meminta DP sebesar 50% di high season dari harga vila yang sudah disepakati.

g. Pembayaran DP vila bisa ditransfer ke rekening bank yang telah disediakan pihak hotel atau bisa dilakukan pada waktu survei.

h. Pelunasan biaya sewa vila dilakukan pada waktu check in.

i. Perhatikan waktu saat harus check out dari vila. Jika melebihi waktu yang ditentukan, penyewa akan dikenai denda.

Post a Comment for "Pengertian Teks Prosedur Kompleks, Ciri ciri, Struktur, Cara Menyusun dan Contohnya"