display litra

Salam Pramuka: Pengertian, Fungsi dan Macam Salam Pramuka

Pengertian Salam Pramuka

Salam Pramuka adalah perwujudan dari pengormatan dan penghargaan seseorang Pramuka kepada Pramuka lainnya. Jika menyampaikan salam pramuka, tidak ada perbedaan, memakai topi atau tidak memakai topi, adalah sama dalam kenyampaikannya yaitu dengan cara melakukan gerakan penghormatan. Kebiasanya salam pramuka dilakukan dengan memberikan hormat sambil suara yang tegas atau meneriakkan kata "Salam Pramuka" yang diberi salam akan membalas pula dan menjawab dengan suara yang tegas atau meneriakkan “Salam!" sambil menghormat juga kepada yang memberi salam. 

salam pramuka
Anggota Pramuka


Fungsi Salam Pramuka 


Apa sih fungsi salam pramuka?. Salam untuk melahirkan disiplin, tata tertib yang mewujudkan suatu ikatan jiwa yang kuat ke dalam maupun ke luar, yang hanya dapat dicapai dengan adanya saling menyampaikan penghormatan yang dilakukan secara tertib, sempurna dan penuh keikhlasan. Itulah fungsi salam pramuka dalam dunia kepramukaan. 


Macam-Macam Salam Pramuka 


Bagaimana sih.. Macam-macam salam pramuka itu? 


Berikut penjelasannya:


1. Salam Biasa 


Apakah salam biasa itu?

Salam Biasa yaitu salam yang diberikan kepada sesama anggota Pramuka. 


Cara menerapkannya: Seseorang yang lebih duhulu melihat dialah yang harus memberi salam terlebih dahulu tanpa ada perintah atau aba-aba, tidak pandang pangkat, muda maupun tua. Salam tersebut dapat ungkapkan atau di berikan dalam keadaan apapun misalnya sambil berjalan, naik sepeda sedang duduk ataupun kendaraan. Jadi tidak harus berdiri. 


2. Salam Hormat 


Apakah salam Hormat itu? 

Salam hormat yaitu salam yang diberikan kepada orang atau kepada seseorang yang pangkat atau kedudukannya lebih tinggi. 


Untuk salam hormat diberikan kepada:


Contohnya


  • Memberikan salam Hormat kepada bendera Negara Republik Indonesia atau bendera merah putih, saat dikibarkan atau diturunkan dalam suatu upacara. 
  • Memberikan salam hormat jenazah yang sedang di bawah oleh rombongan (lewat) atau akan dimakamkan. Kepala negara atau wakilnya, para menteri, panglima tinggi, para duta besar, dan maupun pejabat lainnya. 
  • Memberikan salam hormat pada lagu kebangsaan Indonesia Raya. Tatacara memberikan salam hormatnya sama dengan salam biasa namun badan harus tegap dan sikap sempurna. 


3. Salam Janji 


Salam janji adalah suatu tanda penghormatan yang dilakukan setiap anggota Pramuka pada saat mendengar Dwi Satya atau Tri Satya dibacakan. 


Itulah penjelasan tentang salam pramuka, semoga artikel ini bermanfaat bagi anggota Pramuka dan calon anggota Pramuka. Terima kasih. 


0 Response to "Salam Pramuka: Pengertian, Fungsi dan Macam Salam Pramuka "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel