Manajemen Hotel

Dalam Menjalankan sebuah bisnis, seseorang diharuskan mengenal ilmu manajemen agar dapat mencapai target yang sesuai dengan yang di inginkan. Tanpa ilmu manajemen makan usaha dalam membangun bisnis bisa hancur dan berantakan. Semua usaha dan bisnis memerlukan ilmu manajemen begitupun pada hotel. 

Manajemen Hotel
Hotel


Apa Itu Manajemen Hotel

Manajemen Hotel

Tanggung jawab manajemen dalam sebuah hotel berada pada seorang atau beberapa orang yang diberi kuasa oleh pemilik untuk mewakili kepentingannya. Manajemen tidak hanya diharapkan untuk menjalankan hotel tapi juga sebagai penghubung dengan pemilik. Manajemen memberi informasi kepada pemilik secara rutin mengenai kesehatan operasi seluruh perusahaannya dan beberapa fakta yang terkait. Tugas-tugas utama tim manajemen hotel meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan pegawai, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk memenuhi tugas-tugas ini diperlukan kemampuan untuk mengoordinasi kegiatan-kegiatan di berbagai departemen. Penting juga untuk melihat gambaran yang lebih luas untuk memahami pengaruh dari berbagai aktivitas terhadap keseluruhan tujuan. 

Manajemen Hotel
Hotel
Pimpinan tertinggi di sebuah hotel bisa dari berbagai jabatan seperti General Manager, Managing Director, dan Operational Director. General Manager pada sebuah hotel individu memberi laporan secara langsung kepada pemilik atau orang yang ditunjuk oleh pemilik perusahaan. Rantai organisasi biasanya mempunyai eksekutif daerah yang menyupervisi hotel dalam kelompok tertentu. General Manager menyupervisi setiap departemen baik melalui asistennya atau langsung melalui Kepala Departemen (seperti ditunjukkan pada beberapa bagan organisasi yang disajikan pada bagian bawah artikel ini). 

Resident Manager (atau Asisten Manajer) merupakan Asisten General Manager. Sementara General Manager bertanggung jawab untuk menyupervisi seluruh departemen dalam hotel, dia bisa menugaskan Resident Manager untuk menyupervisi departemen tertentu. Secara tipikal para Resident Manager ditugaskan untuk menyupervisi departemen dalam room division hotel. Selain itu, apabila General Manager tidak hadir di hotel, Resident Manager bertindak sebagai pelaksana General Manager di sebuah hotel. 

Para Kepala Departemen dalam hotel merupakan kelompok manajemen menengah. Mereka menyupervisi karyawan dalam departemen mereka dan memberikan laporan kepada Resident Manager atau General Manager. Mengingatkan kembali bahwa ada berbagai variasi, Manajer biasanya dianggap sebagai Kepala Departemen dan merupakan Manajer tingkat menengah. Untuk kualifikasi posisi sebagai Kepala Departemen, seseorang harus memiliki pengetahuan teknis tentang tugas dan tujuan departemen tertentu. Biasanya, sejumlah waktu perlu dicurahkan untuk meningkatkan kinerja dalam departemen tersebut. 

Selama General Manager dan Resident Manager tidak hadir di hotel, biasanya seorang Manajer ditunjuk sebagai Manager On Duty (MOD). MOD tersebut biasanya adalah seorang dari Kepala Departemen yang diharapkan untuk hadir di hotel selama satu atau dua hari dalam seminggu. MOD tersebut juga harus siap siaga sepanjang akhir pekan dan harus tetap berada di hotel untuk mengatasi masalah-masalah yang mungkin timbul. General Manager, dengan pertimbangan dan persetujuan staf eksekqu dan para Kepala Departemen, menyusun daftar tugas untuk MOD. Petunjuk darurat diberikan kepada MOD yang mempunyai kewenangan penuh untuk melaksanakannya apabila diperlukan. 

Hotel merupakan organisasi yang kompleks dengan beberapa bagian yang mungkin tidak akan terlihat oleh masyarakat biasa pada umumnya. Untuk bisa beroperasi secara efektif dan efisien, para karyawan harus berjalan dengan sangat cepat dan terampil. Tiap karyawan dan departemen harus menyadari dan bekerja untuk mencapai seluruh tujuan perusahaan. Teamwork (kerja tim) merupakan kunci bagi operasi yang andal. Hal ini memerlukan kerja sama antar karyawan dengan departemen dan saling membantu dengan karyawan dan departemen lainnya dalam hotel Jelasnya, bagian Housekeeping dan Front Office harus menjadi tim yang terkoordinasi. Prinsip yang sama juga berlaku untuk bagian Front Office dan Sales, Housekeeping dan Sales, Food and Beverage dan juga Front Office, demikian seterusnya. 

General Manager ditugaskan untuk bertanggung jawab atas koordinasi, perencanaan, dan pelaksanaan filosofi teamwork di seluruh hotel agar tiap-tiap karyawan bisa saling membantu. Para karyawan harus diterapkan untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Demikian pula hal ini harus diterapkan kepada semua tamu di hotel. Di samping itu, tiap-tiap departemen harus memastikan bahwa semua tamu menerima pelayanan dengan baik yang akan membuat mereka kembali lagi dan mereferensikan kepada orang lain untuk datang ke hotel tersebut. Karyawan bekerja bersama sebagai sebuah tim yang akan membuat hotel menjadi sukses sehingga sukses akan tercermin pada para karyawan. 

Struktur Organisasi Hotel 

Struktur organisasi hotel bintang empat atau hotel bintang lima sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Di hotel bintang lima terdapat Departemen Room Division. Room Division ini membawahi Departemen Front Office dan Departemen Housekeeping. Bahkan Departemen Laundry yang tadinya termasuk di dalam struktur organisasi Housekeeping bisa berdiri sendiri menjadi Departemen Laundry. Struktur organisasi di sebuah hotel secara umum dapat dibagi menjadi tujuh departemen utama antara lain: 

  • Departemen Front Office 
  • Departemen Housekeeping 
  • Departemen Food & Beverage 
  • Departemen Marketing 
  • Departemen Accounting 
  • Departemen Engineering 
  • Departemen Personnel 

Jenis Contoh Struktur Organisasi Hotel

Berikut ini akan di paparkan mengenai beberapa contoh struktur organisasi hotel. 

1. Struktur organisasi Hotel Umum

Struktur Organisasi Hotel umum


Di dalam bisnis perhotelan terdapat tiga perbedaan struktur organisasi. Struktur organisasi pertama didasarkan pada kebiasaan pengelolaan makanan dan minuman. Struktur yang paling luas terletak pada suatu pelayanan yang lengkap dalam hotel (full service). Selain memiliki kamar tidur dan pelayanan makanan dan minuman, hotel juga mempunyai fasilitas lengkap dengan staf pendukung yang terampil. 

2. Struktur Organisasi Hotel dengan Pelayanan

Struktur organisasi yang kedua adalah sebuah hotel dengan pengelolaan makanan yang disewakan. Jenis ini sama dengan pengelolaan yang memberikan pelayanan lengkap, kecuali perusahaan makanan dan minuman, pengelolaan kamar tamu, dikuasai diatur secara terpisah. 

Struktur Organisasi Room Only

Struktur organisasi hotel Pelayanan


3. Struktur Organisasi Hotel Room Only

Struktur organisasi yang ketiga, sebuah hotel yang tidak memiliki restoran tidak ada pengelolaan makanan dan minuman bahkan sisi ruangan dalam hotel sangat berbeda dengan dua struktur organisasi sebelumnya. 

Sekali lagi dijelaskan bahwa struktur organisasi hotel sangat tergantung dengan besarnya hotel dan tergantung kebutuhan hotel itu sendiri.

Itulah penjelasan mengenai Manajemen Perhotelan Lengkap dengan Struktur Organisasi nya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih


Post a Comment for "Manajemen Hotel"